Mau Hemat Bangun Rumah Baru Atau Renovasi? Perhatikan 15 Tahapan Berikut

Setidaknya ada 15 tahapan hemat Apabila kita punya rencana akan membangun rumah atau renovasi menurut Tukangbangun.id, Tahapan tahapan ini bertujuan agar tidak dihadapkan dengan masalah masalah dikemudian hari yang akan menambah besar biaya yang tidak terduga dalam proses pembangunan dan juga menghambat jalanya penyelesaian pekerjaan.

Sebagai langkah awal, sebaiknya seluruh anggota keluarga sebagai bagian dari penghuni rumah dilibatkan dalam proses perencanaan, untuk menghindari komplain dikemudian hari. Terjadinya complain dikemudian hari tentunya membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman, dan akan beresiko untuk mengulang kembali desain yang telah jadi, sehingga biaya pastinya akan bertambah

Untuk langkah selanjutnya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kita bisa menghemat pembangunan rumah baru atau renovasi, antara lain :

  1. Buatlah rancangan atau desain rumah sesuai kebutuhan keluarga.
  2. Persiapkan gambar Rencana Desain Rumah dengan matang.
  3. Buatlah gambar Kerja Lapangan, untuk memudahkan pengawasan dan memudahkan tukang mengerjakannya.
  4. Buatlah Jadwal Waktu Pelaksanaan (Time Schedule) untuk memudahkan pengontrolan kecepatan dan ketepatan waktu pelaksanaan
  5. Ukuran Denah bangunan disesuaikan dengan ukuran material bahan bangunan yang ada dipasaran.
  6. Pelajari gambar rencana dengan baik dan benar, baik skala ukuran dan cara pemasangannya.
  7. Tentukan dari awal Bahan dan Jenis material yang akan digunakan.
  8. Hindari pekerjaan bongkar pasang akibat tidak teliti membaca gambar rencana rumah.
  9. Gunakan material yang sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan.
  10. Hindari perubahan material yang harganya lebih mahal, tetapi secara fungsi tidak terlalu penting.
  11. Menahan diri (merubah desain dan material) selama proses pembangunan, agar biaya  pembangunan tidak melebihi dana yang telah disediakan, terutama merubah bahan material finishing.
  12. Lakukan pengawasan secara rutin, agar tidak ada pekerjaan yang tertunda atau salah didalam pelaksaan, sehingga tidak terjadi pekerjaan bongkar pasang.
  13. Tidak ada material sisa terbuang percuma, hilang atau rusak.
  14. Gunakan Mandor dan tukang yang menguasai bidangnya masing-masing serta mendadapatkan  referensi dari teman atau kerabat dekat.
  15. Pengiriman material ke proyek tidak mengalami keterlambatan.

Apabila anda merasa kesulitan menjalankan tahapan tahapan di atas, dan tidak cukup waktu untuk melaksanakanya, maka opsi terbaik adalah mintalah bantuan kepada tukang bangun yang telah berpengalaman dan dapat dipercaya.

 

Leave a Comment